Berapa Lama Air Radiator Mobil Harus Diganti

Joshua Birman
Follow
Lazada Otomotif Offer
Berapa Lama Air Radiator Mobil Harus Diganti. Berapa Lama Sih Air Radiator Harus di Ganti?

Berapa Lama Air Radiator Mobil Harus Diganti. Ganti Air RadiatorAir radiator menjadi salah satu bagian yang penting dan harus diperhatikan pada mobil. Karena Air radiator penting, Tunas Friends harus lebih aware untuk mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti Air Radiator. Pertama jika Tunas Friends melihat cairan coolant sudah memudar, itu termasuk salah satu tanda harus melakukan pergantian pada Air Radiator.

Informasi ini dapat membantu Tunas Friends untuk mengganti Air coolant radiator mobil. Sering berkurangnya cairan radiator juga bisa disebabkan karena adanya kebocoran pada komponen radiator.

.

Yuk, Kenali 4 Ciri Air Radiator Mobil Harus Diganti

Berapa Lama Air Radiator Mobil Harus Diganti. Yuk, Kenali 4 Ciri Air Radiator Mobil Harus Diganti

Ciri-ciri air radiator harus diganti adalah ketika mobil seringkali sulit menyala dan bahkan mogok, sebab di dalam radiator terdapat air yang sangat berguna untuk menjaga suhu mesin mobil. Untuk itu, ketahui gejala air radiator yang sudah seharusnya diganti.

Air Coolant Sudah MemudarCiri-ciri air radiator mobil harus diganti yang pertama adalah air coolant sudah memudar. Sudah Melewati Jarak TempuhSetiap pabrik mobil memiliki standarisasi jarak tempuh untuk tiap produknya sebelum melakukan servis berkala.

Untuk contoh, Toyota Avanza biasanya disarankan untuk melakukan proses penggantian pertama air radiator coolant ketika sudah menempuh jarak 160.000 km. .

4 Ciri-ciri Air Radiator Mobil Harus Diganti

Berapa Lama Air Radiator Mobil Harus Diganti. 4 Ciri-ciri Air Radiator Mobil Harus Diganti

Ciri-ciri air radiator mobil harus diganti dikarenakan air radiator ini memiliki fungsi penting dalam sistem pendinginan kendaraan, yaitu sebagai penjaga suhu mesin mobil agar tetap stabil. Oleh karena itu, agar kondisi mesin mobil tetap prima, AutoFamily perlu memahami tanda air radiator harus segera diganti.

Air radiator berkurangCiri-ciri air radiator mobil harus diganti yang paling mudah diidentifikasi adalah jumlahnya yang makin berkurang. Bila Anda tengah dalam perjalanan dan ciri-ciri air radiator mobil harus diganti ini muncul, maka menepilah sebentar untuk menuangkan coolant ke dalam tangkinya di dalam radiator.

Kalau saat Anda membuka bagian air radiator dan menemukan warnanya sudah berubah, itu berarti ciri-ciri air radiator mobil harus diganti. .

Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Coolant Radiator Mobil

Berapa Lama Air Radiator Mobil Harus Diganti. Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Coolant Radiator Mobil

Salah satunya adalah sistem pendingin atau coolant radiator pada kendaraan, di mana dulunya kendaraan hanya mengandalkan sirkulasi udara sebagai pendinginnya. Cara kerja dari coolant radiator ini adalah dengan memompa cairan yang ada di dalam radiator, kemudian cairan tersebut dialirkan ke beberapa bagian mesin seperti head blok mesin. Pendingin radiator ini sangat penting adanya di dalam mesin, karena pembakaran mesin mampu mencapai ribuan derajat Celcius.

Namun anda akan memiliki kesulitan bila menyamakan ciri tersebut dengan air pendingin radiator. Untuk anda yang ingin tahu bagaimana cara melakukan pergantian cairan di radiator ini, berikut tips yang bisa anda simak untuk menambah wawasan anda. .

Ganti Air Radiator Mobil Apakah Perlu Flushing? Ini Jawabannya

Berapa Lama Air Radiator Mobil Harus Diganti. Ganti Air Radiator Mobil Apakah Perlu Flushing? Ini Jawabannya

Gridoto.com - Setelah sekian lama dipakai, air radiator harus diganti dengan yang baru. Mencegah itu terjadi, maka disarankan mengganti air radiator setiap 20.000 kilometer sekali atau 2 tahun.

Saat mengganti air radiator lama banyak anggapan harus dibarengi juga dengan flushing. Flushing adalah metode memasukkan cairan pembersih utuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang ada di dalam jalur sistem pendingin.

"Mobil yang sudah lebih dari 50.000 km biasanya akan muncul endapan sisa air radiator," tambahnya. .

Cara Kuras & Ganti Air Radiator Mobil Sendiri di Rumah

Berapa Lama Air Radiator Mobil Harus Diganti. Cara Kuras & Ganti Air Radiator Mobil Sendiri di Rumah

Namun, cairan pendingin mesin ini harus diganti serta dibilas agar melindungi gasket mesin, dan melindungi sistem pendingin dari adanya korosi. Baca Juga : Penyebab Oli Mesin Bisa Tercampur Dengan Air RadiatorCiri-Ciri Air Radiator Harus DigantiSupaya kita tidak terlambat untuk mengganti air radiator, tentunya kita harus mengetahui kapan melakukan kuras air radiator.

Cara Mudah Kuras Air Radiator Mobil SendiriBagaimana cara menguras air radiator mobil? Kemudian lepaskan tutup radiator serta tuangkan air mineral ke radiator hingga penuh. Tambahkan Pendingin BaruJika pembersihan sudah selesai, Anda dapat melihat manual untuk melihat banyaknya cairan pendingin yang diperlukan radiator, buka tutup radiator kemudian tempatkan corong ke saluran masuk serta cairan pendingin.

.

Ketahui Pentingnya Rutin Mengganti Air Radiator Mobil

Berapa Lama Air Radiator Mobil Harus Diganti. Ketahui Pentingnya Rutin Mengganti Air Radiator Mobil

Cek air radiator secara rutinSebelum berkendara biasakan untuk mengecek air radiator, pastikan volume air radiator di posisi yang aman. Gunakan radiator coolantAgar radiator mobil dapat punya umur panjang, maka sebaiknya gunakan radiator coolant. Rutin mengganti air radiatorAir radiator atau radiator coolant ini juga punya batas maksimum penggunaan. Bersihkan tangki radiatorSaat tiba waktunya mengganti cairan radiator, jangan lupa untuk membersihkan tangki radiator juga.

Pastikan tutup radiator tertutup dengan rapat sehingga cairan radiator coolant tidak bocor keluar saat menahan temperatur mesin yang panas. .

Ini Alasan Mengapa Air Radiator Mobil Harus Ganti Secara Berkala

Berapa Lama Air Radiator Mobil Harus Diganti. Ini Alasan Mengapa Air Radiator Mobil Harus Ganti Secara Berkala

GridOto.com - Ada alasan yang cukup penting mengapa air radiator mobil harus diganti secara berkala. Ganti air radiator secara berkala merupakan salah satu perawatan mobil yang dilakukan.

Stanley Tjhie, Brand Development Manager PT Laris Chandra mengatakan masa pakai air radiator maksimal 5 tahun sebelum diganti yang baru. Meskipun sebenarnya air radiator itu sendiri tidak ada batas usia pakai atau kadaluwarsa. Tapi hilangnya kandungan anti-corrotion akan bisa menjadi masalah jika air radiator lama tidak diganti.

.

4 Tanda Air Radiator Mobil Harus Diganti

Berapa Lama Air Radiator Mobil Harus Diganti. 4 Tanda Air Radiator Mobil Harus Diganti

4 Tanda anda mesti mengganti air radiator mobil dan motorTanda air radiator harus diganti yang utama adalah mobil atau motor sulit menyala bahkan bisa sewaktu-waktu mogok di tengah perjalanan. Air radiator sudah memudarWarna cairan air radiator yang sudah memudar dan keruh merupakan salah satu tanda air radiator harus diganti.

Periksa ketinggian air radiatorSebelum menambahkan ataupun mengganti air radiator, periksa dahulu ketinggian air radiator pada tabung reservoir maupun tabung radiator. Gunakan bantuan corongSediakan juga corong bersih untuk memudahkan pengisian ulang air radiator karena lubang tabung radiator umumnya berukuran kecil.

Tutup kembali dengan rapatBila sudah selesai melakukan pengisian air radiator, pastikan untuk menutup kembali tabung reservoir maupun tabung radiator hingga benar-benar rapat. .

Simak Waktu yang Tepat Mengganti Air Radiator Mobil

Berapa Lama Air Radiator Mobil Harus Diganti. Simak Waktu yang Tepat Mengganti Air Radiator Mobil

Karenanya, pemilik mobil sebaiknya mengetahui kapan waktu yang tepat mengganti air radiator. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mengganti air radiator pada mobil supaya tak ada kebocoran atau hal sejenisnya? Jadwal Pergantian Air Radiator Mobil“Biasanya (pergantian air radiator) setiap 20.000 kilometer, atau bisa juga saat airnya sudah terlihat keruh karena jarang digunakan.

Cara Ganti Air Radiator MobilCaranya, cukup buka tutup lubang bagian atas dan buka baut pembuangan radiator yang ada di bawahnya. Ketika mengisi radiator, pemilik mobil dianjurkan mengisinya dengan coolant dan bukan di isi air keran.

.

Apakah artikel ini membantu anda?

Ya Tidak
Kontak